Cara Cek SKTP Sertifikasi Guru Terbaru 2019 di Laman SIM PKB

Cara Cek SKTP Sertifikasi Guru Terbaru 2019 di Laman SIM PKB - Semakin berkembangnya perkembangan teknologi semakin mudah pekerjaan kita hari ini. Dan teknologi kini sudah masuk ke berbagai lini, mulai dari rumah, pemerintahan dan lembaga-lembaga. Hal ini sangat membantu kita untuk bisa mengakses segala hal dengan mudah dan bisa langsung diakses dimanapun tanpa harus ribet berangkat kesana kemari untuk memvalidasi suatu data. Dengan adanya sistem online dalam segala lini pekerjaan, benar-benar memudahkan segala pekerjaan. Apalagi jika kita bisa memanfaatkannya menjadi suatu hal yang berguna dan bermanfaat. Dan untuk lembaga-lembaga tentu saja sangat bermanfaat untuk pengurusan data dan mengecek segala update tentang data-data yang harus diurus.

Guru dengan sertifikat pendidik pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya SKTP. SKTP ini merupakan penentu apakah guru tersebut bersertifikat pendidik tersebut bisa cair atau tidak. Untuk mengetahui bisa tidaknya pencairan, pastikan untuk cek SKTP bapak ibu guuru di info GTK atau infor guru di laman simpk.id, karena sudah diterbitkan. Meskipun disebut sebagai surat keputusan, sebenarnya yang diterima seorang guru bukanlah berbentuk surat keputusan di atas kertas. Melainkan nomor SK nya saja yang ada.

Di sekolah ada yang namanya SIM PKB. SIM PKB ini merupakan SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang mana merupakan pengembangan berkelanjutan kegiatan belajar mengajar dan kemampuan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas profesinya sebagai guru selama di sekolah. Dan sekarang, SIM PKB ini sudah bisa digunakan untuk mengecek SKTP atau Infor GTK. SKTP disebut juga sebagai Surat Keputusan Tunjangan Profesi yang merupakan salah satu syarat bisa cairnya tunjangan profesi guru. Sehingga, terbitnya SKTP ini yang selalu ditunggu-tunggu oleh guru yang sudah mendapatkan tunjangan profesi. Tetapi, terkadang pencairan TPG ini menyulitkan guru. Sehingga guru sebenarnya berharap pencairan tunjangan TPG sudah tidak bergantung pada terbitnya SKTP, karena penerbitan SKTP dapodik ini selalu bermasalah, sehingga kesalahan pengisian aplikasi dapodik di sekolah akan sangat berpengaruh terhadap nasib para guru yang mendapatkan tunjangan.


Baca Juga : Kode Remot TV TCL (LED, LCD, Tabung) dan Cara Setting

Untuk mengecek SKTP ini sebenarnya sangat mudah. Tetapi masih banyak yang kebingungan karena peraturan baru yang dikeluarkan. Dan lagi, banyak juga yang belum terlalu akrab dengan komputer sehingga hal itu akan menyulitkan. Maka dari itu kami akan berikan petunjuk untuk cara cek SKTIP sertifikasi guru terbaru 2019 di laman SIM PKB. Dengan begitu, sertifikasi anda bisa cepat cair dan tidak ada masalah saat pengurusan pencairan nantinya. Kami harap petunjuk ini bisa diikuti dengan benar, sehingga tidak ada kesalahan yang bisa membuat pencairan menjadi terkendala. Petunjuk yang akan kami bagikan ini, kami harapkan bisa membantu mempermudah anda dalam pencairan dan anda bisa terus bersemangat melanjutkan profesi sebagai guru yang berkualitas.

Cara Cek SKTP Sertifikasi Guru Terbaru 2019 di Laman SIM PKB

Langkah demi langkah yang bisa anda ikuti adalah sebagai berikut, cara ini kami pastikan bisa difahami sehingga bapak ibu guru tidak kebingungan saat mengeceknya.

  • Pertama, bukalah halaman resminya di paspor.simpkb.id pastikan untuk mengetik halaman yang benar agar anda bisa masuk ke halaman yang dituju dengan benar. 
  • Selanjutnya, langkah yang harus bapak ibu guru lakukan adalah memasukan username dan password dari simpkb bapak dan ibu guru. Jika ternyata username dan passwornya lupa, bapak ibu guru bisa kembali menedapatkannya dengan mengecek di cara mendapatkan kembali username dan password yang lupa.
  • Jika sudah, bapak ibu guru akan dibawa ke halaman awal. Halaman awal ini akan secara otomatis keluar dan memberikan informasi yang bapak ibu guru butuhkan.
  • Jika sudah masuk ke beranda utama, scroll ke bawah hingga menemukan menu Layanan Info GTK dan klik saja menu tersebut.
  • Setelah itu, akan muncul jendela baru atau halaman baru yang menunjukan identitas bapak ibu guru. Kemudian lanjutkan scroll ke bawah dan cari menu Tunjangan Guru kemudian pilih tunjangan profesi.
  • Kemudian akan muncul jendela baru lagi, untuk info GTKnya. Bapa ibu guru harus memasukan beberpa informasi yang dibutuhkan seperti Tanggal lahir, kode unik dan pilih login jika sudah terisi semuanya dan yakin kalau data yang dimasukan sudah benar.
  • Selanjutnya, silakan diperiksa apakah sudah ada nomor SKnya atau belum. Jika ternyata nomor SK sudah ada, maka anda sudah bisa mengurusnya di dinas pendidikan jika waktu pencairan dana yang didapatkan tidak cair.
  • Jika ternyata nomor SK yang anda miliki belum ada. Maka harus menunggu beberapa hari, karena kemungkinan masih dalam tahap pemrosesan.
Baca Juga : Kode Remot TV Polytron (LED, LCD, Tabung) dan Cara Setting

Itulah cara cek SKTIP sertifikasi guru terbaru 2019 di laman SIM PKB yang bisa kami bagikan. Semoga bisa membantu anda yang sedang mencari cara cek SKTIP. Dan karena banyaknya jumlah pengakses websitenya, biasanya servernya tidak bisa menampung sebanyak itu sehingga tidak bisa dibuka dan terkadang hang. Atau biasanya ada pemberitahuan dalam pemeliharaan. Jadi, pastikan untuk membukanya di jam-jam yang tidak sedang sibuk. Seperti misalnya di jam-jam saat orang lain sedang tidur. Sehingga akses ke server bisa lebih longgar dan bisa dengan mudah diakses data yang dibutuhkannya.

Untuk SKTP ini memiliki masa berlaku 6 bulan. Dan setiap periode Januari - Juni dan Juli sampai Desember pengaturannya. Makanya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang akan memengaruhi tunjangan profesi bapak ibu guru, sebaiknya selalu cek SKTPnya. Dan pastikan untuk selalu menyimpan dan mencetak halaman info GTK ibu dan bapak guru. Sehingga ketika dana tidak cair atau ada kekelirudan atau bahkan perubahan data, bisa langsung menghubungi dapodik oeprator atau langsung ke dinas pendidikan sambil membawa cetakan bukti GTK yang akan membantu pemrosesan lebih cepat.

Untuk cetak GTKnya sangat mudah. Jika ternyata SK pencairan tunajngan bapak ibu guru sudah terbit. Bisa langsung simpan halaman tersebut agar bisa menjadi bukti ketika terjadi kesalahan dan kesulitan pencairan ketika ada data yang salah. Untuk mencetaknya. Langsung saja ketik CTRL+P berbarengan. Nanti akan langsung muncul opsi print seperti biasana. Dan pilih kolom PDF agar bisa disimpan tanpa harus melakukan perubahan apapun. Pastikan siapkan kertas yang sesuai agar tidak harus mengulanginya dua kali. Setelah itu, simpan di tempat penyimpanan yang mudah dicari dan beri judul agar tidak pusing saat mencari. Atau pastikan membuat satu folder yang khusus untuk pencairan. Sehingga ketika mencari, kita tidak susah lagi. Dan pastikan ketika melakukan penyimpanan di komputer, kita juga harus backup di online. Agar ketika hal yang tidak diinginkan terjadi, kita bisa langsung mencari datanya di online. Selamat mencoba.