Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum

Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum - JNE adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengeriman barang dan logistik yang pusatnya ada di Jakarta. Nama resmi JNE sendiri adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dan kita biasa mengenalnya dengan nama JNE saja. JNE berdiri sudah dari tahun 1990, dengan kantor pusat Jakarta Barat. JNE sendiri sudah menjadi layanan kurir yang dipercaya oleh seluruh masyarakat Indonesia sejak lama.

JNE adalah kurir yang paling banyak digunakan di Indonesia sebelum ada JnT, dan yang lainnya. Meskipun seringkali banyak keluhan pengiriman barang dari JNE tetapi masyarakat Indonesia tetap mempercayakan paketannya dikirim oleh JNE. Meskipun begitu, JNE juga terus melakukan perbaikan setiap saat, ketika ada pelanggan yang mengeluh dengan pelayanan yang dilakukan oleh karyawan mereka. JNE memang sudah menjadi andalan orang Indonesia sejak lama. Meskipun sekarang banyak sekali kurir-kurir baru dengan pelayanan yang lebih bagus, tetapi JNE juga tidak pernah kehilangan pelanggannya.


Baca Juga : Macam-macam Simbol Flowchart dan Fungsinya

Dengan perkembangan iptek hari ini bisnis pengiriman kurir menjadi sangat laris. Hal tersebut dikarenakan sekarang sudah zamannya mengirim segala hal dengan kurir karena banyak yang jualan online. Jualan online menjadi bagian yang sangat penting di dunia saat ini. Karena dengan belanja online kita bisa dengan mudah mendapatkan suatu barang yang mungkin sangat jarang di tempat kita dan bisa didapatkan dengan mudah dari manapun dan kapanpun dari toko online. Toko online semakin marak dan semakin tinggi hari ini. Sehingga kebutuhan untuk mengirimkan barang dengan menggunakan jasa kurir juga semakin tinggi.

Apalagi ketika hari lebaran tiba, biasanya jasa pengiriman samapai kewalahan mengirimkan barang-barang mereka. Karena biasanya di hari raya idul fitri, semua orang membeli baju baru dan kebanyakan membeli dengan cara online karena biasanya lebih hemat waktu dan tidak usah pergi jauh. Toko online seperti shopee, toko pedia, lazada dan lain sebagainya, juga mengandalkan pengiriman dari JNE dan kurir lainnya. Sehingga kebutuhan akan fasilitas pengiriman barang sangat dibutuhkan oleh setiap toko online.

Biasanya yang sedang menunggu pengiriman barang suka harap-harap cemas ketika menunggu barang mereka datang. Apalagi ketika barang yang dipesan ternyata merupakan barang berharga seperti misalnya handphone ataupun laptop. Kita kerapkali ingin selalu mengecek sudah berada di mana barang yang kita pesan. Agar kamu tidak merasa cemas dan tidak sabaran lakukan pengecekan secara berkala setiap harinya, sehingga kamu tahu sudah ada di mana dan estimasi datangnya kapan barang yang kamu pesan. Dan cara cek barang JNE sudah sampai atau belum itu sangat mudah. Kami akan bagikan cara lengkap untuk bisa mengetahui apakah barang kamu sudah sampai atau belum.

Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum

Mengirimkan barang berharga dengan menggunakan kurir pengiriman memang beresiko besar. Bisa jadi kamu yang sedang bernasib sial harus berhadapan dengan karyawan dari kurir JNE yang nakal. Maksudnya nakal disini adalah mereka yang tidak bertanggung jawab dan tidak menyampaikan barangnya sampai tujuan. Sehingga, agar kamu tidak harus menunggu dengan resah di rumah, pastikan untuk selalu cek barangnya setiap saat. Cara ceknya sangatlah mudah, jika kamu belum tahu, ikuti langkah berikut ini agar bisa terus online dengan barang yang belum sampai ke tangan kamu.

  • Pertama, masuklah ke website resmi dari JNE dengan dengan mengetikan alamat www.jne.co.id/id/beranda.
  • Kemudian, pada halaman website JNE kamu cara terlebih dahulu kolom yang berjudul "Lacak Kiriman", biasanya terletak di sebelah tengah bagian kiri.
  • Kemudian masukan nomor resi yang sudah diberikan pengirim, pastikan memasukan nomor resi dengan benar agar tidak terjadi barang tidak ditemukan. JIka sudah memasukan nomor resi, tekan tombol Tracking yang ada di samping kolom itu.
  • Jika sudah, maka akan otomatis muncul halaman baru yang menunjukan status barang yang sedang kamu tunggu. 
Jika sudah, informasi yang akan kamu dapatkan akan sangat jelas di sana. Mulai dari proses pengiriman sampai mana dan lain sebagainya. Tetapi, mungkin dari kalian masih kebingungan dengan istilah-istilah yang digunakan oleh JNE untuk status pengiriman. Ada beberapa istilah yang harus kamu ketahui saat melakukan traking JNE. Berikut adalah penjelasannya : 


  • On-Process : jika menemukan bacaan ini, berarti barang kamu masih dalam proses pengiriman ke alamatmu. Jangan khawatir, karena pasti barang akan terkirim.
  • AU (Antar Ulang) : Itu artinya antar ulang, artinya barang akan diantar kembali keesokan harinya karnea tidak sempat terkirim di hari sebelumnya. Biasanya hal ini terjadi ketika kurir kemungkinan tidak sempat mengirim semua barangnya pada hari yang sama. 
  • Criss Cross : Kondisi barang tertukar. Artinya barang kamu dan barang orang lain tertukar. Maka pastikan jika terjadi seperti ini kamu harus menghubungi kantor terdekat agar bisa ditangani dengan capat. Dan pastikan untuk mengetahui detail dari barang tersebut, agar pencarian barang bisa lebih mudah.
  • BA (Bad Address) artinya alamat yang kamu tulis tidak jelas, biasanya karena kurang RT/RW, kelurahan, nomor gang dan lain sebgainya yang membuat kurir tidak bisa menemukan tempat yang mereka tuju.
  • Cnee Unknown : Ini artinya barang yang dikirim tidak dikenali namanya saat diantar ke tempat tujuan. Makanya pastikan untuk menulis nama yang lengkap dan jelas saat memesan barang secara online.
  • Redelivery / RD : Barang diantar ulang ke alamat yang dituju setelah sebelumnya di kembalikan ke kantor karena tidak sempat terkirim di hari yang sama.
  • On-Transit : artinya barang yang diantar sudah sampai ke kantor JNE kota tujuan tertentu, dan akan segera dikirimkan ke alamat rumahmu.
  • Received on Destination : Artinya barang yang dikirim sudah sampai ke kantor jNE di kota tertentu dan akan segera dikirimkan ke alamat rumah kamu.
  • AU to OPS : artinya barang yang sebelumnya belum sampai, akan kembali dikirimkan ke kantor JNE setempat sehingga nantinya akan dikirimkan kembali ke alamat yang lebih lengkap.
  • Manifest : Barang sudah dikemas dan didaftarkan ke JNE dari tempat pengirim.
  • Delivered : artinya barang sudah diterima dan sampai tujuan dengan nama dan alamat yang sudah tercatat. Sehingga, hal ini harus kamu telusuri jika ternyata barang belum diterima di rumahmu.
Baca Juga : Nomor Call Center Bank Mega, Customer Service 24 jam Terbaru 2019

Itulah cara cek barang JNE sudah sampai atau belum. Dengan bagitu kamu bisa terus memantai keberadaan barang kamu. Jika ternyata ada masalah di perjalanan kamu bisa melakukan pengecekan langsung ke kantor JNE dan meminta penjelasan dari mereka. Jika ternyata barang yang sudah berstatus delivered, tetapi ternyata belum kamu terima, segeralah mengunjungi kantor JNE terdekat agar bisa segera diselesaikan dan barang kamu bisa segera diterima. Itulah tips yang bisa kami berikan untuk kamu yang sedang kebingungan dengan paket JNE. Semoga tidak ada masalah yang harus kamu hadapi dengan JNE. Meskipun sering terdengar JNE merupakan pengiriman yang tidak bagus. Selamat belanja dan mengirimkan barang.