3 Cara Upgrade OS Android 2019 ke Versi Terbaru Tanpa PC [GAMPANG!]

3 Cara Upgrade OS Android 2019 ke Versi Terbaru Tanpa PC [GAMPANG!] - Jenis smartphone yang beradar di pasaran sangat banyak sekali. Hal tersebut tidak lain karena peminat android juga semakin tinggi. Kebutuhan akan komunikasi yang lebih mudah, harus didukung dengan adanya sistem yang lebih bagus. Dan sekarang, masyarakat sudah banyak yang melek teknologi. Sehingga, tidak heran banyak sekali macam-macam android yang bermunculan dengan berbagai versi sesuai kebutuhan pengguna.

Masyarakat Indonesia hampir semuanya memiliki android di tangannya. Harga android yang juga semakin terjangkau membuat masyarakat menjadi lebih tertarik untuk membeli android dan memanfaatkan OS tersebut untuk berkomunikasi dengan kolega, keluarga ataupun teman. Android tidak hanya digunakan oleh orang tua, tetapi anak-anak sekarang sudah akrab dengan android.



Baca Juga : 7 Aplikasi Pembuat Grafiti Keren 3D Android Kekinian

Perkembangan sistem operasi android semakin hari semakin canggih. Hal tersebut tentu saja didukung dengan kebutuhan masyarakat yang juga semakin beragam. Sehingga perkembangan android pun sangat cepat. Sistenya sudah mengalami banyak perkembangan. Android diawali dengan versi Gingerbread, JellyBean, Kitkat, Lollipop, Oreo dan sekarang yang paling baru. Android memberikan nama-nama unik pada sistem operasi mereka. Sehingga kita lebih mudah mengingat setiap versi android yang terbaru.

Setiap membeli ponsel, kita biasanya mendapatkan spesifikasi tertentu android dari ponsel tersebut. Versi android yang dipasang di sebuah ponsel tergantung kekuatan ponsel tersebut dalam mengoperasikan suatu sistem. Tentu kita juga ingin tahu bagaimana cara upgrade sistem android ke yang paling baru di ponsel kita? Karena kita tahu sendiri android terus menerus mengganti versinya menjadi lebih keren. Sehingga, banyak sekali orang-orang yang ingin mengikuti perkembangan android tersebut. Dan mengupgrade sistem mereka menjadi lebih baru.

Dan pada artikel kali ini kami akan bagikan 3 cara upgrade OS android 2019 ke versi terbaru tanpa PC. Dengan mengupgrade ke versi terbaru, tentu sistem-sistem yang sebelumnya tidak bisa dibaca di sistem yang sudah lama bisa dibaca oleh versi terbaru. Dengan begitu, kita bisa menjadi lebih mudah dalam mengakses dan menikmati versi baru dari android yang paling baru.

3 cara upgrade OS android 2019 ke versi terbaru tanpa PC

Upgrade Android Melalui Over the Air (OTA)

Cara upgrade android dengan cara pertama ini adalah yang paling mudah. Yang harus dipersiapkan hanyalah koneksi internet agar bisa mendownload dan sistem android bisa diperbaharui. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Pertama, pastikan android yang sedang kamu gunakan terkoneksi ke internet. Disarankan menggunakan jaringan wifi saja. Agar saat mendownload dalam ukuran besar, koneksinya bisa lebih stabil.
  • Kedua, buka pengaturan di android. Selanjutnya masuk ke Tentang Ponsel atau jika menggunakan bahasa inggris pilih About Device. Untuk setiap ponsel pengaturan ini letaknya berbeda-beda. Pastikan untuk mencarinya di ponsel yang sedang kamu gunakan.
  • Setelah itu pilih saja langsung Pembaruan Sistem dan pilih Periksa Pembaruan.
  • Jika sudah ketemu, pilih Perbarui atau Update. Jika pilihan perbarui atau update tidak muncul, maka sistem android kamu sudah yang paling baru.
  • Jika masih belum diperbaharui, klik Update dan android akan langsung melakukan download.
  • Tunggu hingga proses download selesai, dan jika sudah selesai lakukan restart ponsel.

Upgrade Android Melalui PC/Laptop

Selain langsung dari HP, pengecean update sistem android juga bisa dilakukan via komputer atau PC. Beirkut adalah langkah yang harus kamu ikuti jika ingin upgrade sistem android via PC ataupun laptop:
  • Pertama, masuklah ke website resmi ponsel yang sedang kamu gunakan.
  • Masuk ke halaman Support atau Dukungan dan pilih halaman Download. Biasanya beberapa website ponsel menyuruh kamu untuk mengisi informasi terkait ponsel yang sedang digunakan. Sehingga pembaruan bisa dimulai.
  • Jika sudah, download Device Management. Setiap merk ponsel memberikan nama dan fungsi yang berbeda dari setiap perangkat. Jadi pastikan untuk mencari nama perangkat untuk ponsel yang kamu gunakan.
  • Jika sudah, kembali ke situs produsen android kamu dan kembali ke halaman Support Download.
  • Lalu cari pembaruan, maka file tersebut bisa didownload dan di instal menggunakan device management tadi.
  • Selanjutnya, hubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel data.
  • Buka Device Management.
  • Cari perintah Update yang biasanya letaknya berada di bagian atas.
  • Klik update tersebut agar bisa memulai proses update dan lakukan instruksi hingga selesai.

Upgrade Android Dengan Rooting ROM

Jika mungkin kamu menemukan masalah jika menggunakan cara upgrade di atas. Kami akan bagikan cara ketiga yang cukup rumit untuk mengupdate sistem operasi android. Caranya adalah dengan melakukan rooting ROOM dan berikut adalah hal-hal yang harus kamu siapkan jika ingin melakukan upgrade sistem android dengan menggunakan Rooting Rom.

  • Pertama, pastikan untuk membackup terlebih dahulu semua data yang ada di ponsel.
  • Selanjutnya lakukan rooting terlebih dahulu pada ponsel.
  • Rooting berarti membatalkan semua garansi yang dimiliki oleh produsen kamu.

Jika cara di atas sudah dilakukan, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk melakukan update melalui ROM.

  • Pertama, cari software root yang bisa digunakan untuk android kamu. Laptop juga harus digunakan untuk mencari model perangkat yang sedang digunakan.

    • Kemudian download software tersebut dan instal di PC atau Laptop kamu.
    • Selanjutnya, hubungkan saja ponsel ke PC dengan menggunakan kabel data.
    • setelah itu, bukalah software rooting tersebut di komputer.
    • Dan lakukan rooting pada android kamu.
    • Jika sudah, restart android kamu. Jika sudah terestart, maka android kamu sudah berada di sistem yang paling baru.
    Baca Juga : Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru 2019 [Gampang Banget]

    Itulah 3 cara upgrade OS android 2019 ke versi terbaru tanpa PC. Dengan cara tersebut kamu bisa dengan mudah melakukan update pada sistem operasi android yang kamu gunakan. Sehingga, kamu bisa menikmati berbagai layaanan baru di android yang paling baru tersebut. Semakin baru sistemnya, semakin canggih juga sistem yang ada dalam android tersebut. Biasanya jika tidak diperbaharui, kamu tidak bisa menggunakan beberapa aplikasi yang memang disediakan untuk sistem yang paling baru. Selamat mencoba, semoga cara yang kami bagikan di atas itu jelas dan bisa mudah difahami.