WhatsApp Error : Solusi Cara Mengatasi dan Penyebab Bisa Error

WhatsApp Error : Solusi Cara Mengatasi dan Penyebab Bisa Error - WhatsApp adalah aplikasi yang sangat bisa diandalkan. Dengan menggunakan WhatsApp, kita bisa menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi, karena WhatsApp dikenal dengan aplikasi sosial media yang sangat simpel, mudah digunakan oleh siapapun. Sehingga, semua orang sangat familiar dengan WhatsApp. Karena ia lebih seperti SMS, dengan sistem penggunaan pulsa internet. Jadi, keuntungan seperti ini membuat semua orang lebih tertaring menggunakan WhatsApp.

WhatsApp menjadi aplikasi wajib setiap orang di android mereka. Karena WhatsApp memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan aplikasi lain. Seperti grup yang bisa digunakan untuk bagi foto, video, dan lain sebagainya. Diskusi di WhatsApp juga bisa lebih memadai dibandingkan dengan di messanger lain. Aplikasi WhatsApp juga sangat irit kuota dan tidak memakan banyak memori ponsel, sehingga bisa dipasang di semua jenis HP mulai dari HP dengan RAM kecil hingga RAM yang sudah sangat bagus. Jadi, sangat worthed ketika kita menggunakan dan menginstal WhatsApp di HP.



Tetapi tidak sedikit orang yang mengalami masalah saat menggunakan aplikasi WhatsApp. Salah satunya adalah WhatsApp yang eror. Seperti tidak bisa kirim pesan, tidak bisa dibuka, atau hal lainnya. Sehingga, dalam kesempatan kali ini, kami akan sedikit membahas artikel tentang Whatsapp error : solusi cara mengatasi dan penyebab bisa error. Meskipun banyak sekali hal yang bisa menyebabkan WhatsApp kita eror, kita akan sedikit membantu anda untuk bisa mengatasi masalah tersebut.

WhatsApp Error : Solusi Cara Mengatasi dan Penyebab Bisa Error

Yang biasa terjadi ketika WhatsApp Error adalah hal-hal seperti:
  • WhatsApp tiba-tiba tidak bisa dibuka. Meskipun sinyal bagus, dan ponsel tidak bermasalah
  • Selanjutnya masalah lainnya adalah selalu ada tulisan "tanggal ponsel tidak akurat" saat kita membuka WhatsApp. Tentu hal ini sangat menjengkelkan.
  • Ketiga, biasanya tidak bisa login ke WhatsApp. Masalah seperti ini juga seringkali terjadi.
  • Atau video WhatsApp yang tiba-tiba tidak bisa dibuka. Padahal sinyal dan kuota masih ada.
  • Kemudian, WhatsApp yang kadalaursa, atau sudah tidak bisa digunakan lagi versi tersebut.
  • Atau yang paling sering terjadi adalah WhatsApp yang tidak bisa dibuka dan ada tulisan WhatsApp telah berhenti. Dan masih banyak permasalah lainnya.
Untuk mengatasi masalah WhatsApp Error ini anda bisa mencoba beberapa cara yang akan kami berikan. Berikut adalah cara yang biasanya berhasil untuk mengatasi WhatsApp Error.
  • Restart Smartphone Terlebih Dahulu
Biasanya WhatsApp menjadi error ketika ponsel kita terlalu memakan RAM yang banyak, sehingga beberapa aplikasi tidak bekerja. Biasanya aplikasi whatsapp juga kena dampak ketika RAM terlalu penuh. Atau kalaupun tidak RAM, bisa jadi ada virus yang menyerang ponsel anda. Sehingga, cara yang bisa anda lakukan ketika WhatsApp error adalah melakukan restart pada ponsel.

Restart ponsel biasanya sangat membantu ketika terjadi Error di WhatsApp, seperti WhatsApp yang tidak bisa dibuka, Video yang tidak bisa didownload dan dibuka, dan lain sebagainya. Dengan melakukan restart ponsel, biasanya bisa kembali ke keadaan awal saat HP masih ringan bebannya.

  • Paksa WhatsApp untuk Berhenti
Jika ternyata cara pertama tidak berhasil, cara kedua ini mungkin bisa membantu anda mengembalikan WhatsApp error. Cara ini bisa dilakukan ketika WhatsApp tidak bisa keluar saat anda ingin keluar. Atau HP tiba-tiba hang. Jadi, yang harus anda lakukan adalah melakukan paksa pada aplikasi WhatsApp. Caranya dengan masuk ke menu Setelan > Aplikasi > WhatsApp > Hentikan Paksa.

Setelah itu, WhatsApp akan tertutup dan kembali normal. Selanjutnya anda bisa buka WhatsApp seperti biasa dan cobala kirim pesan. Maka masalah WhatsApp error sudah bisa teratasi.

  • Bersihkan Chache WhatsApp
Jika ternyata WhatsApp error anda terjadi dengan bentuk hang, atau tidak bisa diotak-atik. Lebih baik hapus Chache dari WhtasApp anda. Biasanya karena chache yang berat, whatsapp tidak bisa berjalan dengan normal dan bermasalah. Maka cara ampuh yang biasanya dilakukan banyak orang adalah menghapus chache dari aplikasi WhatsApp anda. Caranya sangat mudah, yaitu dengan masuk ke setelan > Aplikasi > WhatsApp > Hapus Chache. Biasanya setelah melakukan penghapusan pada chache anda bisa langsung menggunakan kembali WhatsApp dengan normal.
  • Hapus Data-data WhatsApp Anda
Biasanya karena terlalu berat, WhatsApp mengalami error dan tidak bisa dibuka. Hal tersebut terjadi biasanya karena memori ponsel yang terlalu penuh. Maka untuk mengatasinya anda harus menghapus data-data yang pernah anda terima dari WhatsApp. Biasanya gambar dan foto yang sudah pernah dibuka di WhatsApp tersimpan otomatis di galeri dan bisa membuat ponsel penuh. Sehingga kinerjanya lambat. Untuk melakukan penghapusan masuk ke Setelan > Aplikasi > WhatsApp > Hapus Data.

  • Update WhatsApp Lama
Error WhatsApp biasanya terjadi karena aplikasi yang sudah kadaluarsa. Artinya aplikasi tersebut memang memiliki bug yang bermasalah, dan anda harus update kembali dengan bug-bug yang sudah diperbaharui secara resmi oleh aplikasi WhatsAppnya. Sehingga, cara yang bisa lakukan jika ternyata aplikasi WhatsApp anda mengalami error adalah dengan mengupdate aplikasinya. Masuk ke PlayStore, dan cari aplikasi WhatsApp, akan ada tulisan update di sana. Jika sudah selesai mengupdate, dijamin aplikasi WhatsApp anda bisa berjalan dengan lancar.

Itulah cara mengatasi Whatsapp error : solusi cara mengatasi dan penyebab bisa error yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga dengan cara ini WhatsApp error anda bisa kembali normal dan bisa digunakan lagi. Selamat mencoba, semoga cara di atas berhasil.