Cara Melacak HP Android yang Hilang dalam Keadaan Mati Bisa Ketemu!


Cara Melacak HP Android yang Hilang dalam Keadaan Mati Bisa Ketemu! - Kehilangan HP android memang bisa dialami siapa saja. Hal ini bisa terjadi karena kelalaian kita saat menggunakan ponsel, atau memang ada orang jahat yang dengan sengaja merampas ponsel kita. Cara tersebut memang bisa diatasi ketika kita lebih berhati-hati saat menggunakan ponsel di tempat umum. Karena biasanya ponsel yang terlihat bagus, bisa menjadi incaran empuk para pencuri. Ataupun jika kita menyimpan ponsel tersebut di tempat yang aman, kita tidak akan kehilangan ponsel tersebut sehingga orang yang tidak bertanggungjawab tidak mengembalikannya.

Android adalah ponsel canggih yang membuat kita bisa selalu terhubung dengan internet. Servis keamanannya juga sangat ketat. Kita akan diminta nomor ponsel, alamat kita biasanya juga terdeteksi dengan adanya Google deteksi alamat kita sendiri. Atau saat kita menggunakan ponsel tersebut. Apalagi dengan sambungan ponsel dengan email yang memiliki keamanan yang lebih. Tentu saja dengan hal tersebut seharusnya ponsel kita bisa dengan mudah ditemukan. Tetapi masalahnya tidak semudah itu.

Terkadang ponsel yang hilang tersebut dinon-aktifkan oleh orang yang mencuri atau yang menemukan tapi tidak bertanggung jawab. Kinerja HP bisa dilakukan ketika ia hidup atau dalam keadaan ponsel sedang aktif. Jika ponsel anda mahal dan dengan kualitas yang bagus, tentu anda pasti kelabakan. Apalagi jika banyak data-data pribadi di dalamnya. Cara melacak HP android yang hilang dalam keadaan mati bisa ketemu ini sangat mungkin hari ini. Secara banyak sekali aplikasi yang bisa membantu anda untuk kembali menemukan ponsel yang hilang.

Cara ini bisa anda lakukan segera setelah hp anda hilang. Cara ini bisa membantu anda menemukan ponsel hilang dan kembali ke genggaman. Beberapa aplikasi ini sudah dicoba banyak orang dan beberapa memang bisa mengembalikan ponselnya. Nah, daripada penasaran, mendingan coba cara-cara berikut ini:

Cara Melacak HP Android yang Hilang Dalam Keadaan Mati Bisa Ketemu


Melacak HP android yang hilang dalam keadaan mati dengan Android Device Manager (Find My Device)

ADM atau Android Device Manager adalah aplikasi yang paling ampuh digunakan untuk menemukan ponsel yang hilang. Dalam ponsel tool ini sudah ada, jadi tidak usah download di Play Store. Cara menggunakannya sangat mudah. Pastikan ponsel android yang anda gunakan sudah terhubung dengan Akun Google.Pastikan ponsel anda juga sedang menyala dan memiliki akses internet. Izinkan ADM untuk menemukan lokasi ponsel anda. Pastikan setelah ponsel anda hilang, anda langsung melakukan cara ini. Karena bisa jadi si pencuri melakukan reset factory setelah mereka menemukan ponsel anda.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Masuklah ke browser Chrome di PC.
  • Kemudian masuk ke link adm di www.google.com/android/find
  • Selanjutnya masuk ke akun Google milik anda. Pastikan menggunakan akun yang sama dengan yang ada di android anda.
  • Setelah itu, secara otomatis ADM akan terbuka dan melakukan pencarian lokasi HP anda yang hilang. Setelah itu, pilih pengaturan yang ada di pojok kanan kemudian pilih Locate Device.
  • Tunggu hingga ADM menemukan lokasi ponsel anda. Jika sudah, ADM akan menampilkan keberadaan ponsel tersebut dengan alamat yang lengkap dan sangat akurat.
  • Selanjutnya anda bisa melakukan operasi ponsel di aplikasi tersebut. Agar si pencuri tidak bisa menggunakan ponsel tersebut. Kunci perangkat anda dengan memilih menu Lock di aplikasi ADM.
  • Selanjutnya anda akan diminta mengisi password agar ponsel benar-benar terkunci. Selain itu, anda bisa menambahkan pesan di layar ponsel anda yang dicuri tadi. Sehingga si pencuri bisa membaca pesan anda. Atau jika memang hpnya hilang karena bukan dicuri, orang yang menemukan bisa membaca pesan anda dan bisa mengembalikan ponsel anda kembali dengan mencantumkan nomor yang bisa dihubungi.
  • Selanjutnya, kunjungi lokasi tersebut. Dan pilih menu Ring saat anda mendekati lokasi. Sehingga ponsel bisa langsung berdering dan anda tahu ponsel anda dimana. Deringannya akan sangat keras, sehingga anda pasti akan tahu itu ponsel anda.
Melacak HP android yang hilang dalam keadaan mati dengan Your Timeline

Your Timeline adalah Google Maps Location History, jadi pada cara ini anda akan menemukan ponsel dengan mencarinya lewat location history ponsel anda. Anda bisa tahu riwayat lokasi ponsel anda, sehingga melaporkannya ke akun google anda. Untuk bisa menggunakan tools ini yang harus dipastikan adalah : Ponsel anda masih terhubung ke internet Ponsel yang sudah hilang tersebut harus sudah terhubung ke Google.Dan sebelumnya anda juga sudah melakukan aktifasi Location Reporting dan Location history.

Cara menggunakan Your Timeline untuk melacak android yang hilang adalah sebagai berikut:

  • Pertama, masuk ke website Your Timeline di Google.
  • Setelah anda membukanya anda akan melihat tampilan tracking dimana ponsel anda berada. Di sebelah kanan akan ada tampilan peta lokasi sedangkan di sebelah kiri anda akan melihat riwayat lokasi.
  • Your Timeline akan menggunakan Cell ID untuk melacak keberadaan ponsel, sehingga jika orang yang membawa ponsel anda berpindah tempat, anda akan segera tahu. Sehingga anda bisa tahu juga tempat yang sering dikunjungi si pencuri, dan bisa menemukan ponsel anda kembali.
Itulah cara melacak HP android yang hilang dalam keadaan mati bisa ketemu. Dengan cara di atas, anda bisa melacak ponsel anda dalam keadaan hidup. Karena memang ponsel yang dalam keadaan mati tidak mudah untuk dilacak. Sehingga, kemungkinan terbesar ketika ponsel anda mati saat hilang akan sulit ditemukan. Untuk itu, pastikan untuk selalu menjaga keamanan ponsel dengan memasang aplikasi-aplikasi yang bisa membantu kemanan ponsel anda. Selamat mencoba, semoga berhasil.