Cara Cek Tagihan Listrik Sudah Dibayar atau Belum di Android

Cara Cek Tagihan Listrik Sudah Dibayar atau Belum di Android - Listrik merupakan salah satu komponen dalam kehidupan modern yang keberadaannya kini tidak bisa dopisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Kamu dalam beberapa kesempatan sempat merasakan kesal karena listrik di daerah Kamu mati bukan? Yups, Kamu para akademisi mungkin akan ngerasa kesal ketika sedang mengerjakan tugas kuliah dengan menggunakan laptop Kamu yang kebetulan kondisinya harus terhubung terus dengan charger. Tentu, jika mati listrik laptop Kamu akan mati seketika dan tugas Kamu akan terhambat. Belum lagi jika mati listrik pada malam hari, tentu semua kativitas akan terhambat karena tidak ada penerangan yang mumpuni. Kamu siapapun dan berprofesi sebagai apapun yang pasti tidak akan bisa lepas dari yang namanya listrik.

Listrik memungkinkan Kamu untuk menjalankan berbagai peralatan elektronik yang ada di rumah Kamu, memasak nasi, memasak air, mencuci dan mengeringkan pakaian, lampu, penggunaan pompa air, menyalakan televisi, menghidupkan ac, mengisi daya baterai ponsel dan banyak lagi kegiatan lainnya yang menggunakan listrik. Bahkan listrik menjadi komponen penting dalam suatu industri. PLN yang merupakan kepanjangan dari Perusahaan Listrik Negara adalah badan satu-satunya yang ditunjuk untuk memenuhi dan mengelola kebutuhan listrik satu negara. Kamu selaku pengguna listrik hanya perlu membayar setiap bulannya yang mana harganya sesuai dengan pemakaian. Kamu yang menggunakan listrik pascabayar bukankah tak jarang merasa penasarn dengan jumlah yang harus Kamu bayar di setiap bulannya. Kamu bisa kok Cek Tagihan Listrik sendiri dengan mudah, yaitu melalui ponsel android yang Kamu miliki.


Tentu mengetahui jumlah tagihan listrik yang harus dibayar pada bulan tersebut banyak sekali keuntungannya. Salah satunya adalah Kamu bisa mempersiapkan keuangannya jauh-jauh hari untuk dibayarkan langsung ke PLN, baik itu melalui bank, atm, ataupu jasa pembayaran listrik lainnya yang tersedia di daerah Kamu. Kamu memang hidup di zaman aplikasi guys, sehingga bukanlah hal sulit mengecek tagihan listrik dengan menggunakan android, salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi. Berikut ini adalah Cara Cek Tagihan Listrik apakah Sudah Dibayar atau Belum serta cek jumlah tagihan yang harus Kamu bayar.

Baca juga: Cara Cek e KTP Online di Andoid, Valid atau Tidak?

Cara Cek Tagihan Listrik Sudah Dibayar atau Belum di Android

1. Cara Cek Tagihan Listrik di Android dengan Menggunakan Aplikasi
  • Langsung saja Kamu menuju google play store smartphone Kamu, lalu ketikan di pencarian Cek Tagihan Listrik Bulanan. Aplikasi itulah yang akan membantu Kamu untuk mengetahui tagihan listrik setiap bulannya serta bisa memastikan apakah uang yang Kamu bayarkan melalui jasa pembayaran tertentu sudah masuk atau belum.
  • Langsung Kamu download dan install aplikasi tersebut di android Kamu.
  • Berikutnya silahkan Kamu buka aplikasi tersebut. Pada halaman utama aplikasi, Kamu hanya akan diminta untuk memasukan nomor ID Pelanggan untuk bisa login. Langsung saja Kamu ketikan ID pelanggan pada kolom yang tersedia.
  • Selanjutnya silahkan Kamu klik tombol “cek tagihan” yang tersedia di sana.
  • Tidak perlu waktu lama, aplikasi tersebut akan menampilkan secara detail berbagai informasi meliputi ID pelanggan, nama pelanggan, tahun bulan iuran, serta total tagihan listrik Kamu yang tertera dalam bentuk huruf maupun dalam bentuk angka. Kamu juga disuguhkan dengan keterangan apakan tagihan tersebut sudah dibayar atau belum.
  • Nah untuk pembayarannya bisa Kamu lakukan melalui bank, atm ataupun jasa pembayaran lainnya. Kamu bisa kembali mengecek apakah pembayaran Kamu sudah masuk atau belum.
Oh ya guys, selain menggunakan aplikasi di atas, untuk mengecek taguhan listrik dengan menggunakan android Kamu bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile.
  • Langsung saja Kamu unduh aplikasi tersebut di google play store.
  • Jika aplikasi tersebut sudah berhasil terpasang di smartphone, silahkan Kamu set up profil PLN Mobile. Langsung saja Kamu klik “daftar”, lalu silahkan isikan semua informasi yang diminta pada kolom yang tersedia. Jika sudah, jangan lupa untuk klik “Simpan”.
  • Langkah selanjutnya silahkan Kamu login ke profil Kamu. Jika Kamu suah berhasil login, Kmau tak perlu klik menu manapun untuk mengetahui jumlah tagihan listrik Kamu, karena sudah langsung tertera di sana.
  • Bagi Kamu yang enggan bikin profil,bisa juga kok guys mengecek tagihan listrik dengan menggunakan aplikasi ini tanpa harus set up profil. Caranya langsung saja Kamu klik aplikasi tersebut, lalu klik “masuk tanpa login”.
  • Setelah itu, silahkan Kamu klik ikon “informasi”, lalu klik “informasi tagihan dan token listrik”.
  • Nah di sini Kamu hanya perlu memasukan kode ID Pelanggan, agar aplikasi ini bisa membaca mengenai jumlah tagihan listrik Kamu.
  • Setelah itu silahkan Kamu klik “cari”, maka saat itu juga akan tersaji di layar android Kamu mengenai jumlah tagihan listrik yang harus Kamu bayar.
  • Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk kepentingan lainnya terkait dengan PLN, misalnya untuk melihat transaksi token, pemakaian kwh listrik, melihat lokasi pembayaran terdekat, dan juga status pengaduan. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi yang akurat dan cepat terkait dengan PLN.
2. Cara Cek Tagihan Listrik di Android dengan Menggunakan SMS

Android tidak melulu tentang aplikasi guys, Kamu juga bisa mengetahui jumlah tagihan listrik Kamu dengan memanfaatkan android memakai layanan sms.
Langsung saja Kamu buka papan pesan di android Kamu.
Berikutnya silahkan Kamu ketikan sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, lalu kirim ke 8123.
Tidak berapa lama setelah itu, Kamu akan menerima balasan dari pihak PLN ang berisi nomor ID Pelanggan, nama pelanggan, tahun bulan iuran, serta jumlah tagihan listrik yang harus dibayar. Kamu juga akan mendapatk keterangan apakah pada bulan tersebut Kamu sudah melakukan pembayaran atau belum.

3. Cara Cek Tagihan Listrik di Android dengan Menggunakan Layanan Telepon

Langsung saja Kamu buka papan dial atau aplikasi telepon di android Kamu.
Berikutnya silahkan lakukan panggilan ke 123 dengan mencantumkan kode area dari wilayah Kamu. Misalnya untuk Kamu yang berada di wilayah Jakarta bisa langsung hubungi 021-123.
Kamu akan tersambung dengan customer cervice PLN yang akan melayani dengan ramah terkait dengan informasi yang ingin Kamu ketahui. Jika Kamu ingin mengetahui jumlah tagihan listrik pada bulan tersebut, Kamu bisa langsung menanyakannya. Sudah sebuah kepastian Kamu akan diminta untuk menyebutkan kode ID Pelanggan.
Oh ya guys, layanan yang satu ini tidak gratis ya, Kamu akan dikenai tarif normal saat melakukan panggilan telepon.

Baca juga: Cara Cek Tagihan Indihome Lewat SMS dan Online

Itulah guys Cara Cek Tagihan Listrik Sudah Dibayar atau Belum di Android.  semoga bermanfaat!