Cara Cek NIP, Pangkat PNS BKN dan Data Pegawai Terbaru 2019

Cara Cek NIP, Pangkat PNS BKN dan Data Pegawai Terbaru 2019 - PNS hingga kini memang masih menjadi profesi primadona. Terbukti dengan membludaknya jumlah pelamar ketika seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2019 dibuka oleh BKN. Tidak ada yang salah juga sih dengan cita-cita menjadi PNS, gaji bulanan yang menjanjikan, berbagai tunjangan hingga tunjangan hari tua adalah berbagai daya tarik yang bikin banyak orang tergiur untuk menjadi PNS. Namun, yang salah adalah ketika seseorang dibutakan oleh PNS sehingga berbagai cara dilakukan, penyuapan misalnya. Siapa saja boleh mencoba untuk melamar menjadi PNS, hanya saja perlu diingat bahwa dunia tidak akan runtuh kok ketika Anda gagal tes CPNS. Masih banyak profesi lain di luar sana yang bisa Kamu geluti dan tidak kalah menjanjikan juga.

Setelah Anda diterima menjadi PNS, Anda akan mendapatkan NIP yang merupakan kepanjangan dari Nomor Induk pegawai yang di dalamnya memuat identitas Anda mulai dari tanggal lahir hingga pangkat PNS yang Anda duduki. NIP memang memiliki peran yang tidak dapat dipandang sebelah mata bagi seorang Pegawai Negeri Sipil. NIP adalah sebuah indentitas atau sebuah tanda bahwa Anda seorang PNS, NIP adalah nyawanya para PNS. Oleh karena itu, data yang digunakan untuk NIP harus sesuai dengan data yang tertera dalam akta. Itu;ah sebabnya ketika Anda melakukan pendaftaran diminta untuk mengumpulkan fotocopy akta atau paling tidak ijazah terakhir Anda. NIP yang Anda miliki banyak sekali kegunaannya, salah satunya adalah untuk login ke halaman BKN.

Berbagai hal mengenai data kepegawaian mengenai Anda akan termaktub dalam danabase BKN (Badan Kepegawaian Negara). Lembaga negara sekelas BKN melihat betapa pesatnya penggunaan internet di Indonesia tentu saja tidak mau ketinggalan. Berbagai informasi mengenai kepegawaian bisa Kamu akses dengan mudah melalui halaman website BKN. Kamu bisa mengaksesnya melalui laptop ataupun smartphone Kamu dengan syarat perangkat yang Kamu gunakan tersambung dengan jaringan internet. Kamu bisa kunjungi langsung website resmi BKN untuk Cek NIP, Pangkat PNS BKN dan Data Pegawai.

Apakah Anda sudah tahu Cara Cek NIP, Pangkat PNS BKN dan Data Pegawai? Patut disayangkan memang masih banyak PNS yang belum tahu cara mudah mengecek NIP dan pangkat PNS serta data pegawai di halaman tersebut. Padahal pihak BKN sudah menyertakan link yang bisa diakses oleh semua PNS di seluruh Indonesia. Link tersebut sudah bisa dilihat di halaman resmi Badan Kepegawaian Negara yang bisa diakses 24 jan non stop. Sekali-kali Anda memang harus melakukan cek dan ricek terhadap NIP, pangkat PNS dan data kepegawaian Anda yang tertera di BKN. Anda perlu memastikan kevalidan data pegawai beserta pangkat PNS yangs edang Anda sandang pada saat ini. Nah apabila ada data yang tidak valis, sudah Anda ketahui sejak dini sehingga Anda bisa melakukan pengaduan.

Baca Juga: Cek Kenaikan Pangkat PNS Online 2019 di Laman BKN

Badan Kepegawaian Negara memang lembaga yang khusus mengurus berbagai hal terkait pegawai negara khususnya para Pegawai Negeri Sipil. Namun, walaupun di dalamnya sudah diisi dengan tenaga-tenaga profesional dan mereka sudah bekerja seprofesional mungkin bukankah manusia tempatnya salah dan lupa? Sehingga tidak menutup kemungkinan data Anda selaku PNS yang diinfut oleh BKN terdapat kesalahan. Akibat lebih seriusnya karena puhak BKN salah menginput pangkat PNS yang Anda Sndang, bisa jadi Anda tidak mendapatkan hak Anda yang seharusnya. Tentu akan sangat merugikan bagi Anda ketika imbalan yang Anda terima tidak relevan dengan pangkat yang Anda sandnag. Untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan karena kesalahan database Anda di BKN, Yuk cek disini secara berkala!

Cara Cek NIP, Pangkat PNS BKN dan Data Pegawai Terbaru 2019



Anda bisa melakukan cara berikut ini untuk mengecer NIP, Pangkat PNS serta data pegawai di halaman BKN.
  • Silahkan Kamu buka aplikasi browser di smartphone Anda, lalu ketikan di pencarian link https://apps.bkn.go.id/ProfilPns (besar kecilnya huruf berpengaruh, jadi harus benar-benar diperhatikan cara penulisannya)
  • Langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukan NIP sebagai password bahwa Anda adalah orang yang berkaitan yang memiliki hak untuk mengakses data kepegawaian yang disediakan oleh BKN. Silahkan Anda ketikan Nomor Induk Kepegawaian terbaru yang Anda miliki pada kolom yang tersedia. Dalam penulisan NIP tidak boleh menggunakan spasi. Berikutnya silahkan klik “next”.
  • Berikutnya Anda akan diminta untuk mengetikan kode captcha, silahkan Anda ketikan kode tersebut pada kolom yang tersedia sesuai dengan kode yang tertera di sana. Anda hanya perlu menirunya. Biasanya kode captcha ini terdiri dari huruf kecil, huruf kapital, serta angka.
  • Setelah itu akan tampil di layar smartphone ataupun PC Anda berupa data pegawai terkait. Biasanya data utama kepegawaian terdiri atas: Nama, Jabatan, NIP. NIP Lama, Tanggal Lahir, TMT CPNS, TMT PNS, Golongan Ruang, Pendidikan Terakhir, Instansi Kerja, Unit Kerja, Unit Kerja Induk, dan Kedudukan PNS.
  • Anda bisa mengamati dengan sungguh-sungguh terkait data kepegawaian Anda yang tertera di sana. Jika terdapat kesalahan, baik itu dalam hal pangkat ataupun data lainnya segera lakukan pembaharuan. Anda bisa langsung mengurusnya ke Badan Kepegawaian Daerah yang langsung membawahi Anda.
Baca juga: Cara Cek Data PNS Berdasarkan Nama Terbaru

Itulah sekelumit informasi mengenai Cara Cek NIP, Pangkat PNS BKN dan Data Pegawai.  Selain memuat data diri pegawai, halaman BKN juga banyak memuat informasi tentang kepegawaian seperti proses KP dan proses pensiun. Pokonya tidak akan rugi jika Anda sering berkunjung ke halaman BKN.Semoga bermanfaat untuk Anda para Pegawai Negeri Sipil sebagai Abdi Negara.