Jenis-jenis Kertas dan Fungsinya

Jenis-jenis Kertas dan Fungsinya - Kertas merupakan bahan tipis yang dihasilkan dari pengepresan serat kayu. Penemu kertas pertama kali adalah bangsa China. Ditemukannya meida bernama kertas menjadi titik balik manusia di bumi untuk mengabadikan tulisan menggunakan kertas, bukan lagi menggunakan, kain, daun atau kulit kayu. Keberadaan kertas kini menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Kertas bukan hanya digunakan pada kegiatan akademik atau administrasi kantor, kertas juga bisa Kamu jumpai dalam struk belanja, tiket parkir, struk tagihan listrik, atm, hingga masuk jalan tol. Selain itu, bukankah Kamu juga sering menerima undangan pernikahan dari teman atau kerabat dalam bentuk kertas?

Penciptaan kertas pada mulanya memang bertujuan untuk mengabadikan tulisan atau gambar. Seiring dengan berjalannya waktu, kini bisa Kamu jumpai berbagai media yang menggunakan bahan dasar kertas namun dengan bentuk dan permukaan yang berbeda seperti buku bacaan, buku tulis, majalah, poster, kartu nama, sertifikat, surat dan lain sebagainya. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa kertas ini memiliki beragam bentuk dan beragam fungsi. Langsung saja disimak yuk guys ulasan mengenai Jenis-jenis Kertas dan Fungsinya.

Jenis-jenis Kertas dan Fungsinya



  • Kertas Kalkir
Kertas kalkir ini mirip dengan kertas HVS yang biasa digunakan untuk media sablon. Namun warnanya tidak putih seperti HVS, melainkan tampak lebih gelap dan transparan seperti kertas yang habis kena tumpahan minyak.
  • Kertas Duplek (Coated)
Kertas yang berbahan duplex sangat mudah untuk dibedakan dengan kertas lainnya. Kertas duplex memiliki sisi depan berwarna putih dan sisi belakang berwarna abu-abu. Biasanya yang dicetak hanya satu sisi saja. kertas duplex banyak dipakai untuk membuat box karena harganya memang lebih murah dibanding kertas lainnya guys. adapun gramasi kertas duplex yang umum digunakan adalah 250 gram, 270 gram, 310 gram, 350 gram dan 400 gram.
  • Kertas Art/ Matt Paper
Kertas ini biasa digunakan untuk membuat brosur guys, ia memiliki permukaan yang licin. Rastes kertasnya yang halus membuat hasil cetakan dengan menggunakan kertas berjenis ini begitu apik. Adapun ghramasi kertas art yang umum digunakan adalah 100 gram, 120 gram dan 150 gram.
  • Kertas Ivory
Kertas ivory hampir memiliki bahan yang sama dengan art karton. Kertas ini memiliki kedua sisi yang berwarna putih, namun tidak seputih yang dimiliki oleh sisi art karton. Jika art karton dibekali dengan dua sisi kertas yang licin, berbeda dengan kertas ivory yang memiliki satu bagian permukaan saja yang licin. Karakter kertasnya yang terbilang tebal dan kokoh membuat kertas ivory banyak digunakan sebagai wadah kosmetik. Adapun gramasi yang biasa banyak digunakan adalah 210 gram, 230 gram, 250 gram, 270 gram, 300 gram dan 350 gram.
  • Kertas HVS
Pastinya udah gak asing lagi dong dengan yang namanya kertas HVS. Kamu yang masih bergulut di dunia akademik ataupun sudah memasuki dunia kerja pasti sering bersentuhan dengan kertas HVS. Tekstur kertas HVS agak kasar dan umumnya dipakai untuk fotocopy atau print. Jenis kertas HVS bisa Kamu jumpai dengan mudah di berbagai toko buku. Adapun gramasi kertas HVS yang umum digunakan adalah 70 gram, 80 gram, 100 gram yang biasanya dalam tugas akademik tertentu seperti kertas untuk menyusun tugas akhir skripsi dan tesis sudah diataur terkait dengan gramasi dan jenis jertas HVS yang digunakan. Ukuran kertas HVS ini ada uang A4, F4 atau folio, ada juga hvs A3 70 gram.
  • Art Karton
Bahan kertas ini menyerupai art paper, hanya saja memiliki gramasi yang lebih tebal. Art karton banyak dipakai untuk berbagai produk cetak meliputi: kartu nama, katalog, co profil, brosur dan produk cetak jenis lainnya yang membutuhkan kertas agak tebal. Biasanya setelah dicetak, bahan tersebut langsung dilaminasi supaya hasilnya lebih optimal dan memuaskan. Adapaun gramsi art karton yang biasa digunakan diantaranya 190 gram, 210 gram, 230 gram, 260 gram, 310 gram dan 360 gram.

Baca Juga: Cara Melacak Nomor HP Dengan Satelit GPS Terbaru 2018
  • CWb/ Duplex Putih
Dibuat dari bahan yang sama seperti duplez, hanya saja bagian dalam kertas ini berwarna putih sehingga kertas tampak lebih bersih. Jenis kertas ini banyak dimanfaatkan sebagai box makanan. Adapun gramasi yang umum dipakai adalah 230 gram, 250 gram dan 300 gram.
  • Samson Kraft
Jenis kertas yang satu ini memiliki warna coklat muda serta dibuat dari bahan hasil daur ulang. Samson kraft memiliki tekstur yang kasar. Jenis kertas ini umumnya dipakai sebagai kertas bungkus. Kesan klasik yang ditimbulkan dari warna serta permukaannya, kertas ini juga banyak dipakai untuk membuat paperbag dan handtag yang biasanya dijumpai di distro jeans. Biasanya dalam kertas ini hanya dicetak satu hingga dua warna saja, karena kertas ini memang sudah berwarna coklat. Tentu saja tidak bisa memberikan warna seleluasa kertas yang berwarna putih. Gramasi samson kraft yang umum dipakai adalah 150 gram dan 220 gram.
  • Corugated (Gelombang)
Karton yang memiliki bagian dalam yang bergelombang dinamakan corugated. Biasanya kertas ini digunakan untuk box mie instan. Jika ingin dicetak biasanya kertas ini ditempel lagi dengan memakai duplex, kraft atau hvs. Biasanya cetakan tersebut dilakukan pada kertas jenis lain untuk kemudian ditempelkan ke kertas berjenis corugated ini. bahan pembuata kertas berjenis ini dikategorikan menjadi B Flute yakni yang bergelombang besar, dan E Flute yang bergelombang kecil.
  • Jasmin
Jenis kertas yang satu ini banyak dipakai untuk bikin undangan pernikahan, karakteristik kertasnya agak gliter serta tersedia berbagai pilihan warna. Gramasi yang dimiliki oleh kertas jasmin hanya dua ukuran, yakni tebal dan tipis.
  • Fancy Paper
Fancy paper memiliki aneka macam warna dan karakteristik. Sama halnya dengan kertas jasmin, gancy paper juga sering dipakai untuk membuat undangan.
  • Yellow Board
Kertas yang satu ini cukup tebal sehingga sering dipakai untuk bikin undangan hard cover. Tidak bisa melakukan pencetakan menggunakan kertas ini. Agar bisa digunakan untuk mencetak harus dilapisi oleh jenis kertas lain seperti duplex atau art paper.
  • Linen Jepang
Kertas yang bertekstur ini biasa dipakai untuk pembuatan kop surat atau sertifikat. Kamu bisa menjumpai kertas linen jepang dalam bermacam warna.

Baca Juga: Begini 3 Cara Cek Nomor Bolt Jika Lupa

Itulah Jenis-jenis Kertas dan Fungsinya yang bisa Kamu ulaskan dalam kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk Kamu sekalian!