Cara Mengatasi Sinyal Indosat Hilang karena Gangguan Jaringan Ampuh

Cara Mengatasi Sinyal Indosat Hilang karena Gangguan Jaringan Ampuh - Sinyal dari kartu provider Indonesia memang sering mengalami gangguan. Salah satu provider yang paling sering mengalaminya adalah Indosat. Gangguan jaringan terjadi bisa karena cuaca atau memang dari tower atau sistem Indosat sendiri. Jika gangguan terjadi maka biasanya membuat sinyal menjadi hilang. Ingin tahu bagaimana cara mengatasi sinyal Indosat hilang karena gangguan? Artikel ini akan membahasnya.

Indosat sering kali membuat penggunanya kesal karena sinyal sering hilang. Dengan demikian kegiatan berinternet jadi sangat terganggu. Masalah gangguan jaringan adalah hal yang sering terjadi. Lantas, adakah cara mengatasi sinyal Indosat hilang karena gangguan jaringan? Lihat pembahasannya di bawah ini.



Hampir setiap hari, di sosial media, banyak pengguna kartu provider Indosat yang komplain dan menanyakan mengenai masalah jaringan. Banyak yang mengeluh bahwa ketika berselancar di internet kecepatannya sangat lemot bahkan tidak ada sama sekali. Kira-kira mengapa hal ini bisa terjadi?

Penyebab Sinyal Kartu Provider Hilang

Ada beberapa alasan yang menyebabkan sinyal Indosat dan kartu provider lainnya sering hilang. Beberapa hal yang paling sering terjadi antara lain.

1. Ada Perubahan Pengaturan Jaringan

Anda mungkin lupa sedang mengubah pengaturan jaringan. Misalnya jika menyalakan mode 3G only agar koneksi internet cepat maka koneksi bisa menjadi berkurang karena sinyal yang ditangkap hanya 3G, sementara unttuk jaringan biasanya tidak terdeteksi.

2. HP Error

Jika hp Anda sering jatuh bisa menjadi salah satu penyebab error. Dan error ini juga menjadi salah satu penyebab sinyal kartu Indosat hilang. Jika sinyal hilang karena hp error biasanya karena ada kerusakan pada bagian penangkap sinyal.

3. Sinyal Tidak Tersedia

Salah satu alasan paling sepele ketika sinyal hilang adalah karena memang tidak tersedia sinyal di daerah Anda. Hal ini biasanya terjadi jika Anda berada di tempat yang jauh dari tower sinyal.

4. Layanan Operator Bermasalah

Jika Indosat sinyalnya hilang maka bisa saja layanan operator Indosatnya sedang bermasalah. Misalnya program mereka tidak bekerja atau ada error sehingga penyebaran sinyal juga jadi tidak merata.

5. Cuaca

Ini salah satu alasan paling sering terjadi apalagi jika sedang musim hujan dan angin besar, sinyal Indosat akan sering hilang.
Alasan lainnya adalah sebagai berikut.
  • Ada sistem android yang crash.
  • Ada hardware hp yang rusak.
  • Hp terkena virus yang bisa membuat sinyal terhalang.
  • Hp harus update sistem.
  • Gangguan jaringan.

Anda sudah tahu apa saja hal yang membuat sinyal Indosat hilang. Sekarang saatnya tahu mengenai cara mengatasi sinyal Indosat hilang karena gangguan jaringan. Cara-caranya seperti berikut.
  • Lepas Simcard dan Pasang Kembali
Biasanya cara seperti ini ampuh untuk mengembalikan sinyal yang hilang. Anda bisa mematikan hp kemudian lepas SIM card dan biarkan beberapa detik. Sesudah itu pasang kembali kartunya dan nyalakan hp.
  • Refresh Jaringan Seluler
Cara untuk refresh jaringan adalah dengan nonaktifkan dulu data selulernya kamudian diamkan beberapa saat. Sesudah itu aktifkan kembali datanya. Biasanya sinyal akan kembali, jika tidak full paling tidak lebih baik.
  • Dengan Kode
Selanjutnya coba gunakan cara ini, yaitu tekan kode *#*#4636#*#*. Sesudah itu nanti akan muncul menu Phone Information. Anda harus masuk ke opsi Set prefered network type. Selanjutnya pilih LTE Only jika Anda menggunakan sinyal 4G. Jadi jaringan tipe lain akan diabaikan dan akhirnya membuat sinyal kembali menjadi lebih baik.
  • Hubungi Customer Service
Indosat punya banyak sosial media sehingga bisa customer bisa menghubungi customer service dengan mudah. Twitter milik Indosat adalah yang sering dihubungi. Anda bisa mengirimkan DM kepada twitter Indosat kemudian sampaikan keluhan Anda, lalu berikan nomor telepon Indosat yang digunakan dan alamat rumah Anda.

Nantinya customer service akan membalas DM Anda dan memberitahu apa yang terjadi. Jika memang ada gangguan jaringan Anda harus akan disuruh menunggu sampai jaringan normal kembali. Namun jika karena kartu Anda yang bermasalah maka mereka akan membantu memperbaikinya.

Selain dengan cara mengirimkan keluhan di sosial media, Anda bisa langsung melakukan panggilan ke nomor telepon (021) 54388888.

Mungkin itu saja cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan sinyal Indosat yang hilang.


Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi sinyal Indosat hilang karena gangguan jaringan ampuh. Semoga dari salah satu cara yang dibahas ada yang berhasil untuk dipraktikkan.