Cara Cek Data PNS Berdasarkan Nama Terbaru

Cara Cek Data PNS Berdasarkan Nama Terbaru - Penerimaan pegawai negeri sipil terbaru memang banyak sekali peminatnya. Hal tersebut tidak lain karena bekerja sebagai PNS merupakan sebuah pengabdian kepada negara dengan gaji yang sudah dijamin oleh negara setiap bulannya. Dengan gaji tersebut, PNS bisa terjamin hidupnya dan bekerja dengan sepenuh hati untuk mengabdi kepada negara. Itu sebabnya, negara sangat butuh banyak sekali PNS-PNS yang kompeten dan bisa mengabdi pada negara dengan maksimal dan amanah.

Penerimaan PNS biasanya diselenggaran setiap lima tahun sekali. Sehingga, setiap lima tahun sekali masyarakat Indonesia berbodong-bondong mendaftarkan diri menjadi CPNS dari berbagai bidang keilmuan. Namun ada perubahan di tahun-tahun ini, dimana penerimaan CPNS dilakukan hampir satu tahun sekali. Di mana, tahun 2017 kemarin penerimaan CPNS sudah terselenggara. Dan pada kesempatan tahun kemarin difokuskan pada bidang keilmuwan seperti Dosen, Guru, dan Peneliti. Dan akan kembali di buka CPNS pada tahun 2018 di bulan Juli ini pada tanggal yang belum ditentukan.


Baca Juga : Cara Cek e KTP Online di Android, Valid atau Tidak?

Penerimaan PNS atau Pegawai Negeri Sipil yang ketat membuat masyarakat Indonesia menyiapkan diri jauh-jauh hari. Karena hari ini penerimaan Pegawai Negeri Sipil sudah berbasis komputer, sehingga tidak mudah untuk memanipulasi nilai dan lain halnya. Nilai dan kelulusan bisa langsung diumumkan hari itu juga dengan adanya live nilai sesaat setelah ujian berlangsung. Kecanggihan teknologi sudah membantu pemerintah melakukan berbagai hal menjadi lebih mudah, termasuk penerimaan CPNS. 

Dan beruntunglah anda yang sudah diterima menjadi pengawai negeri sipil. Untuk yang sudah diterima menjadi PNS anda bisa mengecek data anda sendiri via online untuk memastikan data tersebut valid dan mengecek status anda. Dan pada artikel kali ini, kami akan menyajikan tulisan tentang cara cek data PNS berdasarkan nama terbaru.

Pengecekan ini juga bisa dilakukan untuk memeriksa kembali data yang sudah ada. Sehingga, apabila ada kesalahan, bisa segera di perbaiki. Di data kepegawaian PNS ini anda juga bisa mengecek tentang kenaikan pangkat dan juga masa pensiun. Semua data yang anda butuhkan secara lengkap bisa diinformasikan via online di website resmi BKN.

Website resmi yang disediakan BKN untuk para PNS yang sudah resmi diterima menjadi PNS bisa diakses di https://apps.bkn.go.id/profilpns/ Di website tersebut anda bisa mengecek segala inforasi diri anda terkait kepegawaian anda sebagai PNS. Seperti informasi pribadi, kenaikan pangkat dan waktu pensiun.

Cara cek data PNS berdasarkan nama terbaru ini bisa dilakukan dengan cara berikut:
  • Pertama, masuklah ke alamat https://apps.bkn.go.id/profilpns di komputer atau laptop anda.
  • Setelah itu, anda akan masuk ke halaman awal dari website Badan Kepegawaian Negara dan ada menu login. Lakukan login dengan menggunakan NIP atau Nomor Induk Kepegawaian yang anda miliki.
  • Masukan Nomor Induk Kepegawaian dengan benar, kemudian klik Cari.
  • Akan muncul beberapa menu yang bisa diakses terkait informasi yang sudah anda berikan. Jika ada kesalahan, segeralah hubungi pihak BKD terdekat. Sehingga, kesalahan data bisa segera diperbaiki.
  • Silakan akses sesuai kebutuhan anda.
Sedangkan untuk penerimaan CPNS tahun 2018 ini akan dilaksanakan pada bulan Juli 2018. Adapun syarat-syarat yang harus anda miliki untuk bisa mendaftar menjadi CPNS adalah Kartu Tanda Penduduk. Biasanya NIK atau Nomor Induk KTP adalah hal penting, karena akan digunakan untuk login nantinya untuk daftar CPNS 2018. 

Selain KTP, persyaratan untuk daftar CPNS 2018 juga adalah Pas foto terbaru serta ijazah dan nilai IPK yang nantinya harus diupload via online. Hanya itu persyaratan untuk bisa mendapatkan nomor tes CPNS yang harus diuploadkan. Untuk persyaratan seperti SKCK dan hal lainnya itu bisa dilakukan setelah anda nanti diterima sebagai PNS.

Untuk tahun 2017 kemarin, ada dua perbedaan pendaftaran yang harus dilakukan. Dimana ada yang memberlakukan registrasi dengan mengupload secara online, ada juga yang berkas-berkasnya harus dikirim secara offline via Kantor Pos.

Untuk penerimaan CPNS 2018 ini bisa saja juga berbeda, dan pengumuman untuk mekanisme penerimaan CPNS 2018 akan diumumkan pada sebelas Juli. BKN menyebutkan bahwa penerimaan CPNS 2018 ini akan lebih terintegrasi semakin transparan dan objektif. Sehingga, tidak akan ada lagi pihak-pihak yang menyalahgunakan prosedur dan berbuat curang.

Untuk pendaftaran CPNS 2018 bisa diakses via website https://sscn.bkn.go.id dari mulai seleksi administrasi hingga Tes Kompetensi Dasar. Dan karena di tahun kemarin website BKN sulit diakses karena banyaknya pengguna, kini BKN meningkatkan servernya menjadi lebih baik lagi, karena diperkirakan akan ada 8-10 juta pendaftar baru yang akan berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018.

Baca Juga : Cara Registrasi Kartu SIM Supaya Tidak Diblokir Pemerintah
 
Itulah cara cek data PNS berdasarkan nama terbaru yang bisa kami informasikan untuk anda. Jika ada kendala dalam mengakses informasi, harap hubungi BKN untuk informasi lebih lanjut. Tahun 2018 ini juga akan diselenggarakan CPNS 2018. Dan dalam waktu dekat, pengumuman terkait prosedur penerimaannya seperti apa sudah diumumkan oleh kementrian bersangkutan. Jadi, anda jangan sampai ketinggalan info untuk mengikuti selesksi CPNS 2018. 

Karena di tahun ini, siapa tahu anda memiliki kesempatan untuk bisa mengabdi kepada negara dengan menyandang gelar menjadi PNS. Dan tentu saja, gaji PNS bisa membuat anda lebih terjamin kehidupannya. Semoga anda berhasil dan bisa merasakan gaji PNS pertama anda. Dan yang sudah diterima, selamat mengabdi menjadi pegawai negara,semoga segala kerja keras anda bisa terbayarkan.