Cara Menggunakan Kuota 4G di HP 3G Terbukti Ampuh

Cara Menggunakan Kuota 4G di HP 3G Terbukti Ampuh - Sejak beberapa tahun kebelakang, jaringan internet 4G sudah dapat dinikmati di Indonesia. Meskipun sangat tertinggal jauh dengan negara yang lainnya tapi setidaknya kita sudah bisa mendapatkan akses internet dengan lebih cepat. Untuk dapat merasakan konektivitas 4G maka Anda harus memiliki HP 4G dan kuota 4G. Namun bagaimana jika ingin menggunakan kuota 4G tapi HP-nya masih 3G? Tenang saja karena ada cara menggunakan kuota 4G di HP 3G yang terbukti berhasil. Penasaran? Langsung saja baca artikel ini.

Jaringan internet 4G memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan jaringan 3G sehingga banyak yang beralih menggunakannya. Oleh karena menjadi primadona dan termasuk layanan baru, provider-provider di Indonesia memprioritaskan kartu 4G sehingga 3G seperti di anak tirikan. Hal ini terlihat dengan banyaknya bonus bonus internet untuk jaringan internet 4G, dan harga kartu perdana maupun kuota 4G lebih murah dibandingkan dengan 3G. Jika belum memiliki uang untuk membeli HP 4G maka Anda bisa mencoba ikuti cara menggunakan kuota 4G di HP 3G yang akan dibahas di bawah ini.


Cara Menggunakan Kuota 4G di HP 3G Terbukti Ampuh

Untuk bisa menggunakan jaringan internet 4G maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Antara lain.
  • Hp Sudah Mendukung Jaringan 4G
Ini adalah hal yang pasti agar bisa menggunakan kartu atau merasakan kecepatan internet 4G Anda harus memiliki HP yang sudah mensupport-nya. Saat ini HP 4G sudah ada banyak tidak hanya ada pada HP yang mahal, hp yang murah pun banyak.
  • Membeli Kartu SIM dengan Kuota 4G
Jaringan internet yang digunakan tergantung juga dengan kartu SIM yang digunakan. Meski HP Anda 4G tapi kartunya belum mendukung atau belum ada kuota 4G-nya, maka Anda tidak bisa menggunakannya. Apabila tidak mau mengganti kartu yang lain Anda bisa upgrade kartu 3G Anda menjadi 4G dengan langsung datang ke counter kartu SIM Anda.
  • Ada di Area 4G
Satu hal yang menjadi kendala juga, jika di daerah Anda bukan area 4G atau tidak ada satelit 4G maka jaringan internet ini tidak bisa digunakan. Supaya bisa mengetahui dimana saja area 4G Anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi bernama 4G LTE Signal Detection for Android.
Itulah dia apa saja syarat-syarat untuk bisa menikmati jaringan internet ini. Sekarang langsung beralih ke cara menggunakan kuota 4G di hp 3G.

Baca juga: Cara Mengubah Kuota 4G Menjadi 3G Indosat

1. Dengan Kode Rahasia

Cara ini hanya bisa dilakukan pada hp tertentu. Terkadang ada HP yang sebenarnya sudah mendukung jaringan 4G tapi disembunyikan, biasanya terjadi pada HP Cina, salah satunya Xiaomi. Mereka menyembunyikan fitur ini agar terhindar dari regulasi pemerintah. Kode rahasianya mudah, hubungi saja dial up *#*#4636#*#. Setelah itu nanti akan muncul informasi mengenai telepon Anda, salah satunya terdapat menu pengaturan jaringan. Pilih saja yang LTE.

Caranya mudah bukan? Namun ini belum tentu berhasil karena mungkin saja memang hp Cina Anda belum mendukung jaringan 4G.

2. Menggunakan Modem Mifi 4G

Ini adalah cara terakhir yang sudah pasti lebih baik, dan berhasil. Jika Anda belum memiliki uang untuk membeli HP 4G, bisa menggantinya dengan menggunakan modem mifi 4G. Meski memang lumayan mahal tapi dibandingkan dengan membeli HP baru maka harganya jauh lebih murah. Mifi itu memiliki fungsi sebagai WiFi tapi ukurannya kecil sehingga bisa dibawa kemana-mana. Nah, dengan membeli Mifi 4G Anda sudah pasti bisa menggunakan kartu SIM dengan jaringan 4G juga. Jika Anda ingin merasakan kecepatan jaringan 4G di hp 3G Anda maka nyalakan saja modem Mifi ini dan lakukan tethering pada HP Anda.

Cara ini terbilang ampuh juga karena mifi ini memiliki banyak kelebihan. Antara lain, mifi bisa digunakan untuk berbagai jenis device sehingga bisa digunakan untuk berinternet dengan PC atau HP Android, juga hemat baterai dibandingkan dengan HP Android, mifi bisa membuat Anda irit kuota, dan bisa dibawa kemana-mana sehingga akan sangat praktis.

Baca juga: Begini Cara Menggunakan Kuota 4G di HP 3G 100% Work

Demikianlah bagaimana cara menggunakan kuota 4G di HP 3G. Jika Anda tidak mau menggunakan cara ini maka satu-satunya jalan adalah beli HP yang mendukung jaringan 4G. Semoga Anda puas dengan pembahasan ini.