Cara Daftar CUG Telkomsel Sendiri 2019

Cara Daftar CUG Telkomsel Sendiri 2019 - Sebagai sebuah provider telepon seluler yang terbaik dan paling banyak pelanggannya di Indonesia, Telkomsel sering memberikan kemudahan layanan kepada pelanggannya. Salah satu layanan terbaik yang dimilikinya bernama CUG. Layanan ini bisa memberikan gratis SMS, telepon, dan video call kepada anggotanya. Cara daftar CUG Telkomsel sendiri akan dibahas di artikel ini.

Sebenarnya mendaftarkan CUG itu mudah tapi justru banyak yang meminta bantuan jasa karena menganggapnya sulit. Apabila Anda ingin melakukannya sendiri bisa membaca informasi mengenai cara daftar CUG Telkomsel sendiri di bawah ini.


Cara Daftar CUG Telkomsel Sendiri 2019

Sebelum sampai ke cara mendaftar CUG Telkomsel, bagi Anda yang belum mengenalnya mungkin ingin tahu dulu sebenarnya layanan apakah ini dan apa saja ketentuannya. Maka ada sedikit informasinya dulu.
CUG memiliki kepanjangan Closed User Group yang khusus digunakan untuk sebuah komunitas. Siapa pun yang memiliki ID CUG yang sama dan telah didaftarkan maka bisa mendapatkan gratisan SMS, telpon, dan video call 24 jam selama 30 hari. Menarik bukan? Namun memang ada ketentuannya yang harus Anda tahu dulu.

Orang yang bisa mendapatkan gratisan ini adalah semua anggota dalam komunitas yang sama. Misalnya anggotanya berupa keluarga dengan seorang ayah, ibu, dan dua anaknya. Nah, karena semuanya memiliki ID CUG yang sama maka mereka berempat bisa saling menghubungi secara gratisan. Sedangkan jika menghubungi orang lain di luar anggota maka paket ini tidak bisa digunakan. Paham?
Kemudian, jika Anda memiliki paket di luar CUG maka tidak akan membuatnya berubah. Maksudnya, jika Anda menghubungi nomor telepon orang lain maka tarif biasanya masih berlaku. Nomor yang dapat didaftarkan bisa yang lama maupun baru asal belum pernah didaftarkan, dan semua kartu provider Telkomsel selain Halo.

Ketentuan lainnya adalah sebelum mendaftar, Anda harus memiliki pulsa 10.000 rupiah ke atas karena nanti saat diaktifkan, pulsa Anda akan dipotong sebesar 10.000 rupiah. Lalu, agar bisa menikmati gratisan ini Anda masih harus punya pulsa minimal 500 rupiah. Jadi meski dibilang gratis sms, telpon, dan video call tapi sebenarnya tidak juga karena ada biayanya. Namun, jika dibandingkan harus selalu menggunakan pulsa untuk melakukan berbagai kegiatan tersebut tentu saja CUG bisa membuat Anda lebih hemat.

Apabila waktu 30 hari akan berakhir maka pada hari ke 27 akan ada SMS pemberitahaun dari nomor 2323 bahwa masa aktif paket akan berakhir. Agar bisa secara otomatis diperpanjang maka Anda harus memiliki pulsa sekitar 10.500 rupiah.

Baca juga: Cara Menukar Poin Telkomsel dengan Paket Internet Gratis

Demikianlah apa saja yang menjadi ketentuannya. Nah, sekarang baru pembahasan cara daftar CUG Telkomsel sendiri.

Sebelum mengaktifkan paket CUG ini, Anda harus mendaftarkan beberapa nomor yang akan dimasukkan ke dalam komunitas. Caranya hanya dengan mengirimkan email. Anda harus menulis nama, dan alamat dari komunitas Anda kemudian emailnya dikirimkan ke [email protected]. Selanjutnya, nanti akan ada email balasan dan Anda harus registrasi lewat email juga. Pendaftaran ini tidak perlu biaya sepeser pun. Untuk selanjutnya ikuti saja perintah yang akan diberikan ke email Anda. Cara lainnya yang tidak kalah mudah adalah langsung datang ke kantor Telkomsel GRAPARI. Di sana Anda harus memberikan minimal 10 nomor telepon para anggota komunitas, dan minta petugas melayani permintaan Anda dalam mengajukan CUG.

Jika Anda sudah selesai mendaftarkan komunitas dan telah resmi terdaftar, Anda masih harus melakukan langkah selanjutnya. Ini agar Anda bisa menggunakan gratisan video call, SMS, dan teleponnya. Caranya adalah dengan mengirimkan SMS ke nomor 2323 dengan mengetik HBTON. Selesai. Mudah bukan? Siapa bilang sulit?

Mendaftarkan CUG sendiri sebenarnya dirasa lebih aman dibandingkan mengandalkan jasa pendaftaran CUG karena pastinya Anda akan dimintai sejumlah biaya. Kemudian ada juga yang melakukan penipuan, jadi lebih aman sendiri.

Baca juga: Cara Daftar Kartu SAKTI Telkomsel Terbaru 2019

Demikianlah bagaimana cara daftar CUG Telkomsel sendiri. Mudah bukan? Semoga pembahasan ini bisa membantu Anda yang sedang mencari informasi ini.