Cara Mengubah Kuota 4G Menjadi 3G Indosat

Cara Mengubah Kuota 4G Menjadi 3G Indosat – Hampir semua operator selular di tanah air sudah mendukung jaringan 4G LTE. Buat anda yang belum tahu bahwa jaringan 4G LTE menawarkan akses internet dengan kecepatan yang lebih kencang dibanding dengan jaringan 2G maupun 3G. Alhasil banyak operator selular yang menyediakan paket internet untuk jaringan 4G LTE. Hal tersebut memang sangat bagus karena koneksi internet jadi lebih kencang.

Namun ada sisi negatif yang harus diterima oleh sebagian pengguna smartphone. Seperti yang kita tahu bahwa tak semua smartphone baik Android, iPhone, atau yang menggunakan platform lain sudah support dengan jaringan 4G LTE. Ada beberapa smartphone yang masih belum support jaringan 4G LTE. Alhasil mereka tidak bisa menikmati paket internet super kencang tersebut. Dan yang lebih parah, biasanya operator membundling paket internet 3G dengan 4G.

Karena hal tersebut banyak yang bertanya-tanya sebenarnya bisakah kita mengubah kuota jaringan 4G LTE ke jaringan 3G HSDPA? Sebenarnya cara tersebut mustahil dilakukan karena jaringan 4G dan 3G memiliki struktur yang berbeda. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengakalinya, sehingga anda tetap bisa menggunakan kuota internet 4G LTE di HP yang belum support 4G, alias HP 3G.


Cara yang akan kami share ini bisa diterapkan di kartu Indosat maupun operator lain seperti Telkomsel, XL, Axis, Tri dan lain-lain. Namun untuk bisa melakukan cara ini ada beberapa alat tambahan seperti modem wifi alias mifi atau smartphone yang sudah support 4G LTE sebagai induk. Oke, tak usah berbasa-basi lagi, langsung saja berikut trik cara menggunakan kuota 4G LTE di HP 3G untuk operator Indosat Ooredoo dan operator lainnya.

Cara Pertama (Menggunakan HP 4G)
  1. Pertama-tama silahkan masukkan kartu Indosat 4G ke HP yang sudah support 4G
  2. Setelah itu masuk ke menu Settings atau Pengaturan
  3. Cari menu tethering hotspot
  4. Setelah itu aktifkan menu tethering hotspot tersebut
  5. Jangan lupa lihat passwordnya. Anda juga bisa mengganti password tersebut
  6. Selanjutnya ambil HP yang belum support 4G
  7. Setelah itu aktifkan wifi di HP tersebut
  8. Cari sinyal wifi thetering dari HP yang sudah support 4G tadi
  9. Hubungkan wifi HP 3G ke hotspot HP 4G
  10. Masukkan password dengan benar
  11. Sekarang anda bisa menikmati kuota internet 4G LTE di HP 4G
Baca juga : Cara Transfer Kuota 4G Telkomsel
 Cara Kedua (Menggunakan Modem Wifi)
  1. Pertama-tama silahkan masukkan kartu Indosat 4G ke modem wifi yang sudah support 4G
  2. Setelah itu nyalakan modem wifi tersebut
  3. Jangan lupa lihat passwordnya
  4. Setelah itu ambil HP yang belum support 4G
  5. Selanjutnya aktifkan wifi di HP tersebut
  6. Cari sinyal wifi thetering dari modem yang sudah support 4G tadi
  7. Hubungkan wifi HP 3G ke hotspot modem 4G
  8. Masukkan password dengan benar
  9. Sekarang anda bisa menikmati kuota internet 4G LTE di HP 4G
Bagaimana, cukup mudah bukan? Dengan begitu kuota internet 4G LTE Indosat yang anda gunakan tidak terbuang sia-sia karena masih bisa dipakai dengan trik tadi. Jadi anda tak perlu repot-repot mengubah kuota 4G menjadi 3G, karena pihak Indosat sendiri tidak menyediakan fitur untuk konversi kuota. Cukup manfaatkan saja dengan menggunakan alat tambahan seperti modem wifi 4G atau HP lain yang sudah support 4G LTE.

Dengan begitu anda juga bisa menikmati koneksi internet super kencang 4G LTE di HP 3G dengan mudah. Jika anda belum tahu bagaimana cara cek HP anda sudah support 4G LTE atau belum, bisa melalui menu test jaringan dengan menekan kode *#*#4636#*#* melalui menu panggilan telepon. Setelah itu akan muncul informasi yang berisi beberapa menu. Silahkan pilih phone information, lalu klik network.

Cek pada menu tersebut, apabila sudah ada tulisan 4G atau LTE, berarti HP anda sudah support 4G. Namun jika tidak ada opsi tersebut, berarti HP anda belum support jaringan 4G. Selain itu anda juga bisa langsung mengeceknya melalui menu Settings yang ada di HP anda. Sekedar saran untuk kedepannya, teliti sebelum beli paketan internet, karena saat ini ada paket internet 4G dan paket internet 3G. Sesuaikan dengan kondisi hardware HP anda.

Semoga informasi singkat mengenai Cara Mengubah Kuota 4G Menjadi 3G Indosat tadi bermanfaat bagi pembaca semua, terutama yang sudah terlanjut beli paket internet 4G namun HP nya masih belum support 4G. Jika informasi yang satu ini dianggap bermanfaat bagi orang banyak, jangan ragu untuk membaginya ke kawan kawan maupun kerabat anda. Sampai jumpa di ulasan menarik lain seputar tips internet lainnya.